SUGENG RAWUH DATENG GUBUK ONLINE RAZY SAMUDRA: Blog ini kami sajikan untuk pengunjung, guna saling menambah khazanah keilmuan

Mencoba berbagai gaya

Gambar tersebut diambil dari berbagai macam kegiatan sik asik di MAN 2 Bojonegoro, Adventure ke Pacitan, Ponorogo, Wonogiri, Magetan dll.

Launching Website PW ISHARI Jatim

Rakorwil 2 PW ISHARI Jatim di PP. Sunan Kali Jaga Jabung Malang, tanggal 6-7 Maret 2015.

ISTIHLAL dan KAJIAN ASWAJA

ISTIHLAL DAN KAJIAN ASWAJA oleh Majelis Pembina Taman Pendidikan Al Qur'an An Nahdliyah th 2013 di ISLAMIC CENTRE Bojonegoro.

PERESMIAN GEDUNG TPQ/MADIN AS SALAM Bulu

Peresmian Gedung TPQ/Madin AS SALAM Bulu Balen Bojonegoro pada tanggal 28 Mei 2014.

WISUDA SANTRI TPQ

Wisuda Santri Taman Pendidikan Al Qur'an An Nahdliyah Cabang Bojonegoro di Islamic Centre Bojonegoro.

Sunday, March 24, 2013

Sejarah Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur

Kabupaten Bojonegoro, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Bojonegoro. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Tuban di utara, Kabupaten Lamongan di timur, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Ngawi di selatan, serta Kabupaten Blora (Jawa Tengah) di barat. Bagian barat Bojonegoro (perbatasan dengan Jawa Tengah) merupakan bagian dari Blok Cepu, salah satu sumber deposit minyak bumi terbesar di Indonesia.

Bojonegoro dari tinjauan:

1.        Geografi

Bengawan Solo mengalir dari selatan, menjadi batas alam dari Provinsi Jawa Tengah, kemudian mengalir ke arah timur, di sepanjang wilayah utara Kabupaten Bojonegoro. Bagian utara merupakan Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo yang cukup subur dengan pertanian yang ekstensif. Kawasan pertanian umumnya ditanami padi pada musim penghujan, dan tembakau pada musim kemarau. Bagian selatan adalah pegunungan kapur, bagian dari rangkaian Pegunungan Kendeng. Bagian barat laut (berbatasan dengan Jawa Tengah) adalah bagian dari rangkaian Pegunungan Kapur Utara.

Kota Bojonegoro terletak di jalur Surabaya-Cepu-Semarang. Kota ini juga dilintasi jalur kereta api jalur Surabaya-Semarang-Jakarta. Kecamatan di Bojonegoro : Balen • Baureno • Bojonegoro • Bubulan • Dander • Gondang • Kalitidu • Kanor • Kapas • Kasiman • Kedewan • Kedungadem • Kepohbaru • Malo • Margomulyo • Ngambon • Ngasem • Ngraho • Padangan • Purwosari • Sekar • Sugihwaras • Sukosewu • Sumberejo • Tambakrejo • Temayang • Trucuk.

Kota di Jawa Timur : Batu • Blitar • Kediri • Madiun • Malang • Mojokerto • Pasuruan • Probolinggo • Surabaya. Jawa Timur Ibu kotanya Surabaya. Kabupaten di Jawa Timur : Bangkalan • Banyuwangi • Blitar • Bojonegoro • Bondowoso • Gresik • Jember • Jombang • Kediri • Lamongan • Lumajang • Madiun • Magetan • Malang • Mojokerto • Nganjuk • Ngawi • Pacitan • Pamekasan • Pasuruan • Ponorogo • Probolinggo • Sampang • Sidoarjo • Situbondo • Sumenep • Trenggalek • Tuban • Tulungagung.

2.        Pembagian Administratif

Kabupaten Bojonegoro terdiri atas 27 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 419 desa dan 11 kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Bojonegoro.

3.        Sejarah

Masa kehidupan sejarah Indonesia kuno ditandai oleh pengaruh kuat kebudayaan Hindu yang datang dari India sejak abad I yang membedakan warna kehidupan sejarah Indonesia jaman Madya dan jaman Baru. Sedangkan Bojonegoro masih dalam wilayah kekuasaan Majapahit, sampai abad XVI ketika runtuhnya kerajaan Majapahit, kekuasaan pindah ke Demak, Jawa Tengah. Bojonegoro menjadi wilayah kerajaan Demak, sehingga sejarah Bojonegoro kuno yang bercorak Hindu dengan fakta yang berupa penemuan-penemuan banyak benda peninggalan sejarah asal jaman kuno di wilayah hukum Kabupaten Bojonegoro mulai terbentuk. Slogan yang tertanam dalam tradisi masyarakat sejak masa Majapahit "sepi ing pamrih, rame ing gawe" tetap dimiliki sampai sekarang. Bojonegoro sebagai wilayah kerajaan Demak mempunyai loyalitas tinggi terhadap raja dan kerajaan. Kemudian sehubungan dengan berkembangnya budaya baru yaitu Islam, pengaruh budaya Hindu terdesak dan terjadilah pergeseran nilai dan tata masyarakat dari nilai lama Hindu ke nilai baru Islam tanpa disertai gejolak. Raden Patah, Senopati Jumbun, Adipati Bintoro, diresmikan sebagai raja I awal abad XVI dan sejak itu Bojonegoro menjadi wilayah kedaulatan Demak. Dalam peralihan kekuasaan yang disertai pergolakan membawa Bojonegoro masuk dalam wilayah kerajaan Pajang dengan raja Raden Jaka Tinggkir Adipati Pajang pada tahun 1568. Pangeran Benawa, putra Sultan Pajang, Adiwijaya merasa tidak mampu untuk melawan Senopati yang telah merebut kekuasaan Pajang 1587. Maka Senopati memboyong semua benda pusaka kraton Pajang ke Mataram, sehingga Bojonegoro kembali bergeser menjadi wilayah kerajaan Mataram. Daerah Mataram yang telah diserahkan Sunan Amangkurat kepada VOC berdasarkan perjanjian, adalah pantai utara Pulau Jawa, sehingga merugikan Mataram. Perjanjian tahun 1677 merupakan kekalahan politik berat bagi Mataram terhadap VOC. Oleh karena itu, status kadipaten pun diubah menjadi kabupaten dengan wedana Bupati Mancanegara Wetan, Mas Toemapel yang juga merangkap sebagai Bupati I yang berkedudukan di Jipang pada tanggal 20 Oktober 1677. Maka tanggal, bulan dan tahun tersebut ditetapkan sebagai HARI JADI KABUPATEN BOJONEGORO. Pada tahun 1725 Susuhunan Pakubuwono II naik tahta. Tahun itu juga Susuhunan memerintahkan agar Raden Tumenggung Haria Mentahun I memindahkan pusat pemerintahan kabupaten Jipang dari Padangan ke Desa Rajekwesi. Lokasi Rajekwesi ± 10 Km di selatan kota Bojonegoro. Sebagai kenangan pada keberhasilan leluhur yang meninggalkan nama harum bagi Bojonegoro, tidak mengherankan kalau nama Rajekwesi tetap dikenang di dalam hati rakyat Bojonegoro sampai sekarang.

4.        Daftar Bupati

Daftar BupatiTahun    Nama

2008-2013                                               Drs. H. Suyoto,M.Si.

2003-2008                                               Kolonel (pur) H M. Santoso

1998-2003                                               Drs. H. Atlan

1993-1998                                               Drs. H. Imam Soepardi

1988-1993                                               Drs. H. Imam Soepardi

1983-1988                                               Drs. Soedjito

1978-1983                                               Drs. Soeyono

1973-1978                                               Kolonel Invantri Alim Sudarsono

1968-1973                                               Letnan Kolonel Invantri Sandang

1960-1968                                               R. Tamsi Tedjo Sasmito

1959-1960                                               R. Soejitno

1955-1959                                               R. Baruno Djojoadikusumo

1951-1955                                               Mas Kusno Suroatmodjo

1950-1951                                               R. Sundaru

1949-1950                                               R. Tumenggung Sukardi

1947-1949                                               Mas Surowijono

1945-1947                                               R. Tumenggung Sudiman Hadiatmodjo

1943-1945                                               R. Tumenggung Oetomo

1937-1943                                               R. Tumenggung Achmad Surjodiningrat

1936-1937                                               R. Dradjat

1916-1936                                               R. Adipati Aryo Kusumoadinegoro

1890-1916                                               R. Adipati Aryo Reksokusumo

1888-1890                                               R. M. Sosrokusumo

1878-1888                                               R. M. Tumenggung Tirtonoto II

1844-1878                                               R. Adipati Tirtonoto I

1828-1844                                               R. Adipati Djojonegoro

1827-1828                                               R. Tumenggung Sosrodilogo

1825-1827                                               R. Adipati Djojonegoro

1823-1825                                               R. Tumenggung Purwonegoro

1821-1823                                               R. Tumenggung Sosrodiningrat

1816-1821                                               R. Tumenggung Sumonegoro

1811-1816                                               R. Prawirosentiko

1800-1811                                               R. Ronggo Djenggot

1760-1800                                               R. M. Guntur Wirotedjo

1756-1760                                               R. Purwodidjojo

1755-1756                                               R. Ronggo Prawirodirjo I

1743-1755                                               R. Tumenggung Hario Matahun III

1741-1743                                               R. Tumenggung Hario Matahun II

1718-1741                                               Ki Songko (R. Tumenggung Hario Matahun I)

1705-1718                                                Ki Wirosentiko (R. Tumenggung Surowidjojo)

1677-1705                                               Pangeran Mas Toemapel

5.        Budaya (Tari Tayub Wayang Thengul)

Tari Tayub :

Tayub merupakan tari pergaulan yang populer bagi masyarakat Bojonegoro dan sekitarnya. Tarian ini biasanya dilakukan oleh pria dengan diiringi gamelan dan tembang Jawa yang dilantunkan oleh waranggono yang syairnya sarat dengan petuah dan ajaran.

Pertunjukan tari ini banyak dipergunakan untuk meramaikan kegiatan hajatan yang banyak dilaksanakan oleh warga Bojonegoro ataupun kegiatan kebudayaan yang lain. Biasanya dalam mengadakan kegiatannya, tarian tayub ini sudah terkoordinir dalam suatu kelompok tertentu dengan nama khas masing-masing.

Biasanya kelompok-kelompok tari tayub ini banyak terdapat di Kecamatan Temayang dan Bubulan yang terletak sekitar 30 Km dari Kecamatan Kota Bojonegoro.

Wayang Thengul :

Wayang Thengul adalah kesenian wayang khas Bojonegoro dalam bentuk 3 dimensi dengan diiringi gamelan pelog/slendro. Walaupun wayang thengul ini jarang dipertunjukkan lagi, tetapi keberadaannya tetap dilestarikan di Kabupaten Bojonegoro, khususnya di Kecamatan Kanor yang berjarak ± 40 Km dari Kota Bojonegoro. Sedangkan jalan cerita dari wayang thengul ini lebih banyak mengambil cerita menak.

6.        Kerajinan

Kerajinan Mebel Kayu Jati, Produk unggulan ini telah lama dikenal dan berkualitas ekspor, karena Bojonegoro merupakan penghasil kayu jati berkualitas. Corak dan desain telah disesuaikan dengan situasi zaman, baik lemari, buffet, meja, kursi atau tempat tidur.

Adapun daerah-daerah yang terkenal sebagai industri mebel yaitu diantaranya sukorejo dan temayang. apa yang membedakan mebel bojonegoro dengan mebel yang lain, mebel bojonegoro dibuat dari kayu-kayu jati asli dan memiliki umur yang bisa di bilang sudah cukup tua, dengan menggukan kayu yang tua maka hasil mebelnya dan ukirannya akan sangat indah sehingga memberikan corak yang khas.

Kerajinan Bubut – Cukit, Bentuk souvenir kayu jati khas Bojonegoro yang tetap menonjolkan guratan kayu jati. Penggarapannya dilakukan secara teliti dan detail, tapi tetap mempertimbangkan aspek estetika. Khususnya berupa miniatur mobil, sepeda motor, becak, kereta api, jam dinding atau guci, penghias interior.

Kerajinan Limbah Kayu, Kerajinan limbah kayu jati yang dibentuk menjadi karya seni dalam berbagai model sudah merambah pasar ekspor ke berbagai negara.

Kerajinan Batu Onix, Bojonegoro memiliki tambang batu onix yang melimpah sehingga berbagai produk kerajinan onix dapat dihasilkan dengan kualitas sangat memuaskan. Pusat kerajinan batu onix terdapat di Kecamatan Bubulan.

Ledre adalah makanan khas Bojonegoro. Berbentuk gapit (seperti emping gulung) dengan aroma khas pisang raja yang manis. Sangat tepat untuk teman minum teh atau dan sajian tamu atau untuk oleh-oleh.

Perbedaan ledre dengan gapit yaitu ledre lebih halus, lembut dan aroma pisangnya menyengat, sementara gapit agak kasar. selain dari pisang raja ledre juga bisa terbuat dari berbagai pisang misalnya pisang saba, pisang hijau, pisang susu,dll. tetapi yang khas di daerah bojonegoro atau lebih optimalnya dalam membuat ledre yaitu menggunakan pisang raja.

Salak Wedi rasanya manis, masir, renyah, segar dan besar. Dapat dijumpai di setiap pekarangan rumah penduduk di desa Wedi dan sekitarnya. Perbedaan Salak Wedi dengan salak lain, seperti Salak Pondoh, adalah kandungan air yang lebih banyak sehingga membuat Salak Wedi terasa lebih segar. Keberadaan Salak Wedi sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun silam, yang secara turun-temurun telah menjadi sumber pendapatan bagi warga Desa Wedi. Konon asal muasal bibit salak ini pertama kali dibawa oleh seorang Ulama' yang mengajarkan agama Islam di desa Wedi. Dari bibit tersebut terus berkembang hingga tidak hanya desa Wedi tetapi meliputi juga beberapa desa sekitar Wedi, yaitu Kalianyar dan Tanjungharjo.

Blimbing Ngringinrejo, Blimbing dengan berat 2 - 3 ons per buah dapat dijumpai di kebun buah desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro. Rasanya manis, segar dan harum, sangat tepat untuk hidangan penutup, rujak dan lain-lain.

Agro Wisata Tembakau, Bojonegoro sebagai penghasil tembakau virginia terbesar di Indonesia dan telah lama dikenal sebagai tembakau terbaik di dunia. Hijaunya tanaman tembakau hampir di seluruh wilayah Bojonegoro dapat dilihat antara bulan Mei - Oktober.

7.        Tempat Wisata

Bojonegoro memiliki banyak tempat wisata meskipun belum terkelola secara maksimal. Akan tetapi hal ini tentu saja bisa menjadi daya tarik tersendiri. Berikut adalah beberapa diantaranya : Kahyangan Api, Merupakan sumber api alam yang menyala sepanjang tahun. dan terletak pada posisi yang sangat strategis yaitu dikelilingi oleh hutan-hutan yang dilindungi dan bebas dari pencemaran polusi. selain sumber api abadi di kahyangan api juga terdapat mata air yang konon dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Anehnya air ini dari jauh berbau buuk tetapi setelah mendekat baunya itu hilang dan dari jauh air ini kelihatang seperti air mendidih tetapi kalau kita sudah mengambilnya maka air tersebut terasa dingin dan sejuk. Konon, menurut suatu cerita rakyat, keampuhan lokasi Kahyangan Api telah dirasakan semenjak pemerintah Maha Prabu Angling Dharma (Sri Aji Dharma) dari Malawapati, yang melatih para prajurit Malawapati di lokasi Kahyangan Api tersebut. Bahkan, ada beberapa pusaka Malawapati yang ditempa di Kahyangan Api, termasuk pusaka "punjer" (andalan) Kerajaan Malawapati dan Kerajaan Bojonegoro di masa Hindu silam. Benar tidaknya cerita tersebut, tidak diketahui secara pasti. Namun, kemungkinan besar, Serat Astra Dharma yang saat ini disimpan di salah satu museum terkenal di Negara Belanda, dapat menjelaskan hal tersebut. Serat yang ditulis pada masa Raja Astra Dharma alias Prabu Kijing Wahana, ayahanda Prabu Angling Dharma, yang legendaris tersebut. Apabila Serat Astra Dharma tersebut kembali ke Nusantara (Indonesia) dapatlah diketahui dengan pasti bagaimana urutan silsilah raja-raja Malawapati dan Kediri yang bersumber dari satu asal yaitu Hastinapura di India.

Waduk Pacal, Waduk pacal yaitu merupakan salah satu tempat wisata yang ada di bojonegoro, wisata ini menyuguhkan lingkungan alam yang sangat mempesona karena di kelilingi oleh bukit-bukit yang sangat indah.

Wana Wisata Dander, keunggulan dari wisata ini yaitu tempat yang sangat luas dan dilengkapi dengan padang golf, wisata ini sangat cocok untuk anak-anak karena selain padang golf, disana juga terdapat berbagai macam permainan anak-anak, seperti taman bermain, kolam untuk mandi bola, kolam renang dan sungai yang sangat jernih dengan keadaan sekelilingnya yang sejuk dan tentu saja bebas dari polusi.

Bahwa perjuangan untuk mewujudkan cita-cita yang luhur tidaklah melalui jalan yang mulus, pasti melalui berbagai kesulitan dan halangan. Sehubungan dengan hal tersebut, Sagimun M.D. dalam bukunya “Pahlawan Diponegoro Berjuang” memprakatai :

“ hanya bangsa yang tahu menghormati dan menghargai jasa-jasa pahlawannyalah yang dapat menjadi suatu bangsa yang besar, demikianlah antara lain kata-kata Bung Karno yang menganjurkan agar supaya kita bangsa Indonesia yang hendak menjadi suatu bangsa yang besar, harus tahu menghormati dan menghargai jasa-jasa pahlawan kita”.

Tuesday, January 1, 2013

Asal mula aksara Jawa


Sejarah terciptanya aksara Jawa
Bermula dari Cerita Ajisaka
Pada jaman dahulu, di Pulau Majethi hidup seorang satria tampan bernama Ajisaka. Selain tampan, Ajisaka juga berilmu tinggi dan sakti mandraguna. Sang Satria mempunyai dua orang punggawa, Dora dan Sembada namanya. Kedua punggawa itu sangat setia kepada pemimpinnya, sama sekali tidak pernah mengabaikan perintahnya. Pada suatu hari, Ajisaka berkeinginan pergi berkelanan meninggalkan Pulau Majethi. Kepergiannya ditemani oleh punggawanya yang bernama Dora, sementara Sembada tetap tinggal di Pulau Pulo Majethi, diperintahkan menjaga pusaka andalannya. Ajisaka berpesan bahwa Sembada tidak boleh menyerahkan pusaka tersebut kepada siapapun kecuali kepada Ajisaka sendiri. Sembada menyanggupi akan melaksanakan perintahnya.

Wednesday, December 26, 2012

Soal Akidah Akhlaq kelas X SMA


LEMBAGA PENDIDIKAN AS-SHOIMIYAH
SMA PLUS AL AMANAH
Dukuh Balongsumber Desa Sumbertlaseh Keamatan Dander Kabupaten Bojonegoro


 
SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL/GASAL

No Urut Test    :                                                       Mata Pelajaran             : Akidah Akhlaq                     
Nama Peserta   :                                                       Nama Guru                  : Fahru Rozi
Kelas               : X                                                     Semester                      : Ganjil/Gasal
Hari, Tanggal   : Senin, 10 Desember 2012           Tahun Pelajaran         : 2012/2013


  A.     Pilihan Ganda
1.       Menurut pendapat Mahmud Syaiful, Aqidah islam merupakan suatu system kepercayaan dalam aslam, yakni sesuatu yang harus diyakini sebelum apa-apa, dan sebelum melakukan apa- apa, tanpa ada keraguan sedikit pun dan tanpa ada . . .
a.       Unsur yang membingungkan orang yang meyakininya
b.       Unsur yang mengganggu kebersihan keyakinan
c.        Unsur yang mengacaukan perhatian yang menyakininya
d.       Pehahaman yang dapat nenimbulkan kakacauan
e.        Kesengajaan untuk meninggalkan keyakinan yang di yakini
2.   Setiap manusia harus menyadari karena pada hakikatnya fitrah itu hanya merupakan potensi dasar milik manusia yang harus dikembangkan dan dipelihara karena firth uang dimiliki oleh manusia bisa tertutup oleh …
a.       Kegiatan yang dilkukan manusia dalam kehidupannya
b.       Godaan yang dihadapi dalam setiap kehidupan manusia
c.        Hal yang menjadi daya tarik dalam kehidupan manusia
d.       Daya tarik syahwat yang menggoda perhatian manusia
e.        Corak kehidupan manusia yang dapat memikat hatinya
3. Dalam menghadapi kehidupan yang serba glamor dan tidak menentu, seorang mukmin harus senntiasa mementapkan imanya . salah satu cara yang efektif untuk membangun kemantapan iman seorang mukmin adalah . . .
a.       Menanamkan kalimat tauhid la ilaaha illallaah pada dirinya
b.       Menanamkan konsep ketuhanan secara utuh pada dirinya
c.        Menanamkan kesadaran untuk selalu hidup berbahagia pada dirinya
d.       Menanamkan kesungguhan untuk meraih yang di inginkanya
e.        Mangaktifkan forum pengajian untuk meningkatkan kualitas keimanan
4.       Menurut  isyarat Al-Qur’an,keimanan seseorang akan termanifestasikan dalam bentuk . . .
a.       Sifat yang tertanam di dalam jiwa yang memandu perbuatan seseorang
b.       Tingkah laku seseorang untuk menuju tercapainya kesenangan hidup
c.        Sifat dan tingkah laku seseorang dalam kehidupan sehari-hari       
d.       Kebiasaan seseorang dalam memutuskan perkara yang di hadapinya
e.        Kualitas seseorang dalam menjalankan tanggung jawab kehidupannya
5.       Iman yang mantap dan berdaya akan memacu semangat mukmin untuk beribadah terus-menerus dan untuk….
a.       Mendapatkan kesenangan hidup
b.       Meraih kemenangan hidup
c.        Menunjukkan eksistensi hidup
d.       Keejahteraan kehidupnnya
e.        Memikul tanggung jawab kehidupan
6.       Iman memiliki konsekuensi yang harus di penuhi setiap orang beriman. Konsekuensi logis pengakuan iman kepada Allah dan rasulnya ialah menerima secara . . .
a.       Wajar atas segala ketentuaan yang diberikan allah
b.       Penuh atas segala peraturan yang di berikan allah
c.        Mutlak atas segala perintah yang diberikan allah
d.       Khusus ataas segala hukum yang di tetapkan allah
e.        Langsung atas segala nilai yang diberikan allah
7.       1. Laa haafiza illallaah
2. laa makhluqa illallaah
3. laa haakima illallaah
4. laa ‘aabida illallaah
5. laa maalika illallaah
kalimat tauhid laa ilaaha illallaah memiliki pengertian antara lain. . .
a.       1,2 dan 3                      c. 1,4 dan 5           e. 1,3 dan 5
b.       b. 1,3, dan 4                               d. 1,2 dan 5                                       
8.       Formulasi dari kalimat tauhid yang paling pendek dan sangat mewakili tauhidullaah adalah . . .
a.       Laa ma’buuda illallaah            
b.       Laa ilaaha illallaah    
c.        Laa haula walaa quwwata                                       
d.       Muhammad rasulullaah
e.        Laa ghaayata illallaah
9.       Tauhid membedakan manusia menjadi muslim atau kafir. Karena itu, fungsi tauhid adalah . . .
a.       menjadi cahaya terhadap semua amal pebuatan
b.       menjadi panduan terhadap semua amal perbuatan
c.        menjadi motivasi untuk mewujudkan tujuan
d.       menjadi landasan dasar dan inti jaran islam
e.        menjadi landasan untuk melaksakan perbuatan
10.    Ke esaan Allah dalam Dzat-Nya allah tidak sama dan tidak dapat dibandingkan dengan apapun juga, yaitu. .
a.       Zat Allah sangat unik dan mirip segalanya dengan makhluknya
b.       Zat allah sangat unik dan berbeda segalanya engan makhluknya
c.        Zat allah sangat unik dan serupa segalanya dengan makhluknya
d.       Zat allah sangat unik dan bertolak segalanya dengan makhluknya
e.        Zat allah sangat unik dan segalanya ssama dengan makhluknya.
11.    Allah Maha Esa menerima ibadah, berarti hanya Allah yang berhak di sembah dan menerima ibadah. Karen itu, setiap mukmin meyakini bahwa hanya kepadanyalah seorang mukmin . . .
a.       Meminta pahala         
b.       Meminta pertolongan
c.        Mau melakukan transaksi                       
d.       Mengharapkan suatu hal
e.        Memanfaatkan doa
12.    Setiap mukmin harus meyakini  bahwa tuhan yang maha easa tiada tara dalam melakukan sesuatu sehingga hanya dia-Lah yang dapat menciptakan ala semesta ini. hal tersebut sebagai pengakuan tentang . . .
a.       Allah maha esa dalam sifat dan perbuatanya
b.       Allah maha esa dalam menetpkan hukumnya
c.        Allah maha esa dalam menentukan pilihan-Nya
d.       Allah maha esa dalam perbuatan-perbuatanya
e.        Allah maha esa dalam ciptaan makhluknya
13.    Ilmu tauhid adalah ilmu yang mepelajari keesaan tuhan. Berdasarkan Al-Qur’an, keesaan allah meliputi tiga hal, yaitu. . . .
a.       Zat, sifat dan perbuatannya    
b.       Zat, sifat dan wajahnya
c.        Zat,sifat dan hajatnya
d.       Zat, sifat dan ciptaannya
e.        Zat, sifat dan kekuasaannya
14.    Apabila seseorang berbuat syiik dalam rububiyah atau asma dan sifat-nya, maka perbuatan tersebut di golongkan sebagai . . .
a.       Pendustaan terhadap hukum allah dan dikategorikan fasiq
b.       Pendustaan terhadap allah dan dikategorikan kufur
c.        Pendustaan terhadap sifat allah dan dikategorikan munafiq
d.       Pendustaan terhadap eksistensi nyadan dikategorikan murtad
e.        Pendustaan terhadap makhluknya dan di kate gorikan zalim
15.    Barang siapa yang bersumpah dengan selain allah, maka sesungguhnya dia telah syirik. Rasulullah SAW. Bersabda “wahai manusia takutlah kamu akan kemusyrikan krena sesungguhnya kemusyrikan itu adalah . . .
a.       Lebih jelas dari jejak shmut hitam di siang hari
b.       Lebih samar dari pada jejak uda jantan di padang pasir
c.        Lebih terang dari jejak semut hitam di dalam keremengan
d.       Lebih samar dari jejak semut di malam hari
e.        Lebih jelas dari dari harimau dihutan belantara
16.    Meyakini bahwa ada makhluk yang mampu menolk segala kemudaratan dan meraih segala kemanfaatan termasuk syirik dalam kategori rububiyah,  seperti . . .
a.       Minta bantuan wali untuk menolak petaka atau merauh keuntungan dunia
b.       Minta bantuan pembantu untuk mengatasi masalah pekerjaan di rumah
c.        Minta bantuan doctor untuk menyembuhkan penyakit yang di derita
d.       Mita bantuan psikiaters untuk menyelesaikan masalah yang di hadapi
e.        Minta bantuan tetangga untuk membersihkan lingkungan sekitar rumah
17.    Syrik kecil termasuk perbuatan dosa yang di khawatirkan akan menghantarkan pelakunya kepada syirik besar. Yang di maksud dengan syirik kecil adalah . . .
a.       Semua perbuatan yang membawa seseorang pada kemusyrikan
b.       Semua gambaran yang membawa seseorang pada kemusyrikan
c.        Semua pemikiran yang membawa seseorang pada kemusyrikan
d.       Semua keyakinan yang membawa seseorang pada kemusyrikan
e.        Semua pandangan yang membawa seseorang pada kemusyrikan
18.    Akhlak merupakan sifat yang bertnam dakam jiwa yang dapat menimbulkan perbuatan dengan gampang dan mudah,tanpa memerukan pikiran dan pertimbangan. Konsep ini merupakan definisi akhlak menurut. . .
a.       Imam ghozali
b.       Yusuf qardhawi
c.        Sidi gazalba
d.       abdul karim zaidan
e.        ahmad amin
19.    Akhlak tercela biasanya di sebut juga dengan . . .
a.       Akhlak khasanah
b.       Akhlak mahmudah
c.        Akhlak sayy’ah
d.       Akhlak thayyibah
e.        Akhlak karimah
20.     Berikut ini yang merupakan bagian dari akhlak bernegara adalah. . .
a.       Hubungan antara penjual dan pembeli
b.       Hubungan antara pemimpin dan rakyat
c.        Hubungan antara guru dan muridnya
d.       Hubungan antara orang tua dan anaknya
e.        Hubungan antara majikan dan pembantu
21.    Syirik sebagai perbuatan yang dapat menghancurkan iman dan amal perbuatan.seseorang yang dapat membebaskan dirinya dari perbuatan syirik,dampaknya adalah..
a.       imannya akan lemah dan memiliki pengaruh buruk dalam kehidupan
b.       imannya akan turun dan memiliki pengaruh kecil dalam kehiduan
c.        imannya akan tetap dan memiliki pengaruh besar dalam kehidupan
d.       imannya akan meragukan dan memiliki pengaruh samar dalam kehidupan
e.        imannya akan kukuh dan memiliki pengaruh nyata dalam kehidupan
22     Dalam menghadapi kehidupan yang serba glamor dan tidak menentu,seorang mukmin harus senantiasa memantapkan imannya.salah satu cara yang efektif untuk membangun kemantapan iman seorang mukmin adalah..
a.       menanamkan kalimat tauhid laa ilaaha illallaah pada dirinya
b.       menanamkan konsep ketuhanan secara utuh pada dirinya
c.        menanmkan kesadaran untuk selalu hidup bahagia pada dirinya
d.       menanamkan kesungguhan untuk meraih yang diingginkan
e.        menggaktifkan forum pengajian untuk meningkatkan kualitas keimanan
23     Tingkat keyakinan seseorang tergantung kepada tinggkat pemahaman terhadap dalil.Untuk itu,keyakinan yang tidak di dasarkan pada dalil akan mudah tergoyahkan oleh..
a.       masalah kehidupan yang dirasa menyengsarakan
b.       situasi kehidupan yang di alami menyenagkan
c.        cobaan hidup yang membaa pada kesuksesan
d.       kesenangan hidup yang melupakan kewajiban
e.        tantangan dan problema kehiduoan yang di alaminya
24     Setiap manusia harus menyadari karena pada hakikanya fitrah itu hanya merupakan potensi dasar milik manusia yang harus di kembangkan dan di pelihara karena fitrah yang dimiliki manusia bisa tertutupoleh..
a.       kegitan yang dilakukan manusia daam kehidupannya
b.       godaan yang di hadapi dalam setiap kehidupan manusia
c.        hal yang menjadi daya tarik dalam kehidupan manusia
d.       daya tarik syahwat yang menggoda perhatian manusiaapat
e.        corak kehidupan manusia yang dapat memikat hatinya
25     1. syirik ibadah    3.syirik I’tiqadi     5.syirik amali
2. syirik aadah     4.syirik tasarruf
            Berdasarkan jenis asalm unculnya syirik,syirik dapat di kategorikan menjadi 4 jenis,di antaranya adalah…
a. 1,2 dan 3           c. 1,2 dan 5           e. 1,4 dan 5
b. 1,2 dan 4           d. 1,3 dan 4

B.     Essay
1.       Sebenarnya sikap tauhid dapat  menciptakan jiwa manusia dari kekuasaan orang lain.jelskan maksudnya dan berikan contoh penerapannya,
2.       Konsepsi tentang ketuhanan yang maha esa dalam akidah islam adalah
3.       Untuk menjadi muslim sejati , aspek utama dan terpenting yang harus dimiliki seseorang dalam kehidupannya sehara-hari adalah
4.       Akhak seseorang sangat berkaitan dengan hati nya,jelaskan hubungan antara hati dan akhlak yang tercermin dalam diri seseorang
5.       Jika orang syirik dinobatkan sebagai pemimpin bagi orang-orang beriman apa akibat yang akan terjadi dalam kehidupan ?

oOo
Selamat Mengerjakan,