SUGENG RAWUH DATENG GUBUK ONLINE RAZY SAMUDRA: Blog ini kami sajikan untuk pengunjung, guna saling menambah khazanah keilmuan

Wednesday, April 22, 2015

DIRESTUI PARA WALI DAN ULAMA



DIRESTUI PARA WALI DAN ULAMA

Bahwa dalam melestarikan dan mengembangkan ajaran Mahabbah Rosul dan Hadroh dengan adanya tambahan kreasi Roddat tersebut bukan berarti tidak ada hambatan dan halangan terhadap beliau, tidak sedikit para ulama yang mempertanyakan tentang bagaimana hukumnya gerakan tarian, hukum keplok tangan, hukum lagu dengan memanjangkan lafadz yang pendek atau sebaliknya, hukum suara jeritan kecil dan bahkan hukum rebananya itu sendiri ? semua itu beliau hadapi dengan bijaksana dan penuh dengan kearifan dan bahkan beliau menjawab itu semua dengan cara yang ilmiyyah pula yaitu dengan mengarang kitab QONUN AL HADROH yang menerangkan tatacara ber sholawat Hadroh berikut maksud dan tujuan serta hujjah hukumnya.
Disamping itu tak kalah pentingnya dari semua perjuangan beliau, yang turut andil dalam mengembangkan Jamiyyah Hadroh adalah restu dan dukungan dari para Auliya serta Ulama pada saat itu, banyak sekali para Auliya’ dan para Ulama hususnya di Pasuruan dan pada umumnya di wilayah Jawa timur sangat mendukung dan suka sekali terhadap kegiatan ini seperti :
a.      Al Imam Al Habib Ja’far bin Syaikhon Assegaf  Pasuruan, Seorang wali yang masyhur yang mempunyai banyak murid diantaranya adalah KH Abd hamid Pasuruan
b.      Al Habib Abu Bakar bin Muhammad As Segaf Gresik.Seorang wali Qutub yang masyhur, guru dari banyak ulama diantaranya Al Habib Abdul Qodir Bil faqih pendiri Pondok Pesantren Darul Hadits Malang.
c.      KH. Ahmad Khusaeri Bin Siddiq Pasuruan, Mertua Mbah Hamid Pasuruan beliau adalah santri kesayangan KH. M. Kholil Bangkalan dan beliau pula yang banyak mengarang Syair Sholawat dalam Hadroh yang kemudian beliau ijazahkan kepada KH  Abdurrohim.
d.      KH Ahmad Bin Sahal Pasuruan 
e.      KH Abdul hamid Bin Abdulloh Pasuruan, Seorang Waliyulloh yang masyhur pengasuh PP Salafiyah Pasuruan Banyak Cerita tentang bentuk dukungan dan kesukaan beliau terhadap Hadroh (di judul yang lain)
f.       KH Ali Mas’ud Pagerwojo Sidoarjo, seorang wali Majdub yang fenomenal yang kesukaanya membawakan Muhud Tanaqqolta dan Wulidal habib.
g.      KH ‘Aqib Bin Yasin Pasuruan, Seorang Ulama Ahli dalam menciptakan berbagai Syair arab dan yang terkenal diantara Gubahan Syairnya adalah Syair untuk pemberangkatan Jama’ah Haji
h.     KH Imam Bin Tohir Pasuruan, ayahanda KH A Nadlif seorang ulama ahli Fiqih yang tidak memperbolehkan saat Mahallul Qiyam di Keplo I, tapi sangat suka hadir di Acara Hadroh biasanya kalau tidak ada Gus Muhammad beliau mau berkenan menjadi Hadi saat Maqom
i.       dan lain – lainnya bahkan takjarang beliau beliau ikut aktif dan menjadi badal hadi dalam kegiatan hadroh baik dalam kegiatan Haul atau dalam acara yang lainnya
Disamping itu pula banyak Aulia dan Ulama yang  berguru langsung kepada beliau KH Abd Rokhim dalam hal ilmu Mahabbah rosul dan Hadroh ini. sehingga sering menjadi Badal KH Abd Rokhim apabila beliau berhalangan hadir dalam salah satu acara, mereka yang mulya adalah :
1.      Al Habib Abdulloh Bin Salim Al Haddad (Ayahanda Al Habib ja’far Al Haddad ) datuk dari Al Habib Husain Bin ja’far Al Haddad Lamongan
2.      KH. Kholil Kawedanan Gresik. Bahkan beliau menurut keterangan cucunya selalu rutin melaksanakan kegiatan Hadroh dipondoknya (wafat tahun 1961).
3.      KH Sya’roni bin Abdaru Baujeng Bangil. Ayahanda KH Munif Sya’roni Baujeng kecamatan Beji, dan beliau yang pertamakali mengusulkan dan menampilkan gerakan tarian Roddat.
4.      KH. Ahadun Pasuruan, seorang Ahli Ilmu Alat ( Nahwu, Sorrof, dan Balaghoh) serta Ahli dalam Ilmu ‘Arudl (ilmu Syair), beliau melaksanakan Majlis talqin lagu dan menterjemahkan Lafadz Solawat dalam hadroh setiap Malam Sabtu, tapi beliau tidak berani merubah walau hanya tentang Goyah (cengkok dalam lagu Hadroh) beliau beralasan hal tersebut (kebakuan lagu dan Cengkok) merupakan bagian dari Thoriqoh.
5.      KH Ali Muchtar bin Umar Gambiran kejayan, seorang ulama keturunan dari Syeh Nawawi Bin Umar Al Bantani.
6.      Dan lain lainnya.

Dalam memberikan pelajaran bacaan Sholawat, Lagu, Gerakan Roddat, Pukulan Rebana, dan bunyian Keplok Tangan, Beliau KH Abdurrokhim Bin Abdul Hadi mengadakan Latihan Rutinan sebagai sarana Talqin atas Bacaan Sholawat dan Lagu kepada para Anggota ( Santrinya ) setiap hari Selasa Malam Rabu bertempat di Pondoknya KH Sya’roni Baujeng, dan sepeninggal beliau pada bulan Dzul Qo’dah 1372 H. /1952 M Tradisi tersebut diteruskan Putra sulung beliau Gus Muhammad bertempat dikediaman Beliau yaitu di Kelurahan Kebonsari Kota Pasuruan. tradisi ini terus berjalan sampai dengan sekarang, dengan urutan sebagai Pengajar (Guru Hadi) sebagaimana Berikut :
1.      KH. ABDURROKHIM Bin ABDUL HADI (Tahun 1918 -1951).
2.      KH. MUHAMMAD Bin ABDURROKHIM (Tahun 1951 – 1982).
3.      KH. AGUS SAMI’ Bin ABDURROKHIM (Tahun 1982 – 1994)
4.      KH. ABDUL HADI Bin ABDURROKHIM (Tahun 1994-1995).
5.      KH.MASYKUR Bin MUHAMMAD (1995 – 1997)
6.      GUS ABDUL GHOFUR Bin NURURROSUL ( 1997 – Sekarang).

Selain para Auliya, Habaib, dan Ulama yang tersebut diatas, yang turut andil menyebarkan Hadroh hingga kepelosok daerah adalah Putra dan Cucu beliau yang tersebar di berbagai Kabupaten dan Kota di Jawa Timur yaitu :
1.      Alm.KH Muhammad di Pasuruan.
2.      Alm.KH Abdurrohman di Malang
3.      Alm. KH Abd Majid di Lumajang
4.      Alm.KH Sami’ di Gresik.
5.      Alm.KH Abdul Hadi di Jombang
6.      Alm KH Masykur Muhammad di Blitar.
7.      Alm.KH Abd Salam Abd Majid di Lumajang.
Dan sekarang dilanjutkan oleh Cucu Cucu Beliau KH Abd Rokhim antara lain :
1.      KH. Mahmud Al Chusori sami’ Mojoagung Jombang.
2.      Gus Gufron Muhammad Sepanjang Sidoarjo.
3.      Gus H Ainul Musthofa Gresik.
4.      Gus Ali Faishol Mojokerto.
5.      Gus Abdul Ghofur Nur Pasuruan.
6.      Gus Abdurrokhim Abd Hadi Mojoagung.
7.      Gus Yahya Abd hadi Mojoagung.
8.      Gus Suaidi sami’ Gresik

0 komentar: