Mencoba berbagai gaya
Gambar tersebut diambil dari berbagai macam kegiatan sik asik di MAN 2 Bojonegoro, Adventure ke Pacitan, Ponorogo, Wonogiri, Magetan dll.
Launching Website PW ISHARI Jatim
Rakorwil 2 PW ISHARI Jatim di PP. Sunan Kali Jaga Jabung Malang, tanggal 6-7 Maret 2015.
ISTIHLAL dan KAJIAN ASWAJA
ISTIHLAL DAN KAJIAN ASWAJA oleh Majelis Pembina Taman Pendidikan Al Qur'an An Nahdliyah th 2013 di ISLAMIC CENTRE Bojonegoro.
PERESMIAN GEDUNG TPQ/MADIN AS SALAM Bulu
Peresmian Gedung TPQ/Madin AS SALAM Bulu Balen Bojonegoro pada tanggal 28 Mei 2014.
WISUDA SANTRI TPQ
Wisuda Santri Taman Pendidikan Al Qur'an An Nahdliyah Cabang Bojonegoro di Islamic Centre Bojonegoro.
Tuesday, August 27, 2013
Monday, August 26, 2013
Saturday, June 15, 2013
Ratibul Haddad
الراتب الشهيـر
للإمام عبد الله بن علوي الحداد
يبُـْدَأُ
بِقِرَآءَةِ سُوْرَةِ الفاَتِحَةِ وَآيَةِ
الكُرْسِيِّى وَآمَنَ الرَسُوْلُ إِلىَ آخِرِ السُوْرَةِ
ثم
يقول :
لاَ
ِإلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ, يُحْيِى
وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلىَ كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ (x٣)
سُبْحَانَ
اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَ لاَ ِإلهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ (x٣)
سُبْحَانَ
اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ العَظِيْم (x٣)
رَبَّنَا
اغْفِـرْ لَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ِإنَّكَ أَنْتَ التَوَّابُ الرَحِيْمُ (x٣)
اللّهُمَّ
صَلَّ عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ, اللّهُمَّ صَلِّ عَلَيـْهِ وَسَلِّمْ (x٣)
أَعُوْذُ
بِكَلِمَاتِ اللهِ التآمَّاتِ ِمنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (x٣)
بِسْمِ
اللهِ الَّذِى لاَ يَضُـرُّهُ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلأَرْضِ وَلاَ فىِ السَمَآءِ
وَهُوَ السَمِيْعُ العَلِيْمُ (x٣)
رَضِـيْنَا
بِاللهِ رَبًّا وَبِاْلإِسْلاَمِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيـًّا وَرَسُوْلاً (x٣)
بِسْـمِ
اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ, وَالْخَيْرُ وَالشَّرُّ ِبمَشِيـْئَةِ اللهِ (x٣)
آمَنّاَ
بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرْ, تُبْنَا إِلىَ اللهِ بَاطِنًا وَظَاهِرًا (x٣)
يَا
َربَّنَا وَاعْفُ عَنَّا وَامْحُ اَّلذِى كَانَ مِنَّا (x٣)
يَاذَا
اْلجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامْ, أَمِتْنَا عَلَى ِديْنِ اْلإِسْلاَمْ ( x ٧ )
يَا
َقوِىُّ يَا مَتِينْ, إِكْفِ شَرَّ الظَالِمِيْن (x٣)
أَصْلَحَ
اللهُ أُمُوْرَ اْلمُسْلِمِيْن, صَرَّفَ اللهُ شَرَّ المُؤْذِينْ (x٣)
يَا
عَلِىُّ ياَ كَبِيْرُ, يَا عَلِيْمُ يَا قَدِيْرُ, يَا سَمِيْعُ يَا بَصِيْرُ, يَا
لَطِيْفُ يَا خَبِيـْرُ (x٣)
يَا
فَارِجَ الهَمِّ يَا كَاشِفَ اْلغَمِّ ياَ مَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ (x٣)
أَسْتَغْـفِرُ
اللهَ رَبَّ اْلبَرَايَا أَسْتَغْفِـُر اللهَ مِنَ الخَطَايَا (x٣)
لآ
ِإلهَ إِلاَّ اللهُ (x ٥٠)
وَإِنْ أَبْلَغَهَا ِإلَى أَلْفٍ كاَنَ حُسْنًا
لآ
ِإلهَ إِلاَّ اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, وَشَرَّفَ
وَكَرَّمَ, وَمَجَّدَ وَعَظَّمَ, وَرَضِىَ عَنْ أَهْلِ بَيْتِ الطَاهِرِيْنَ, وَأَصْحَابِهِ
الْمُهْتَدِيْنَ, وَالتَابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِيْنِ.
ثُمَّ
يَقْرِأُ سُوْرَةَ اْلإِخْلاَصِ (x٣)
وَالْمُعَوِّذَتَيْنِ (مَرَّةً مَرَّةً)
ثُمَّ
يَقْرَأُ :
الفاَتِحَةَ
لِلنَّبِـيِّى صَلىَّ الله ُعَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ وَأَصْحَابِهِ الكِـرَامِ
وَآلِ بَيـْتِهِ العِظَامِِ وَاْلأَئِمَّةِ اْلأَعْلاَمِ خُصُوْصًا صَاحِبِ الرَاتِبِ
وَأَجْدَادِه مِنَ السَادَةِ آلِ بَاعَلَوِى رَضِىَ اللهُ تَعَالى عَنْهُمْ وَأَمَدَّنَا
ِبمَدَدِهِمْ آمِينْ
Thursday, June 13, 2013
Wednesday, June 12, 2013
Hadis Arbain Nawawi
SYARAH
HADITS ARBAIN AN NAWAWI
Mukadimah
Arba'un An Nawawiyah adalah sebuah kitab kecil yang berisi
kumpulan hadits sebanyak empat puluh dua
hadits yang disusun oleh seorang imam fiqih dan hadits, zahid, wira'i, dan
pemberani yakni Imam An Nawawi Rahimahullah. Walaupun kitab ini bernama Arba'in
(empat puluh) tetapi jumlah hadits yang terdapat di dalamnya adalah empat puluh
dua hadits, bukan empat puluh.
Syaikh
Muhammad bin Shalih 'Al Utsaimin Rahimahullah menjelaskan tentang kitab
tersebut:
وقد ألف مؤلفات كثيرة من أحسنها هذا الكتاب: الأربعون
النووية، وهي ليست أربعين،بل هي اثنان وأربعون، لكن العرب يحذفون الكسر في الأعداد
فيقولون: أربعون. وإن زاد واحداً أو اثنين، أونقص واحداً أواثنين.
"Beliau (Imam An
Nawawi) telah banyak menyusun karya tulis, yang terbaik di antaranya adalah
kitab ini: Al Arba'un An Nawawiyah. Buku tersebut bukan empat puluh
hadits (arba'in), tetapi empat puluh dua hadits (itsnan wa arba'un),
namun orang Arab menghilangkan kasrah dalam bilangan, maka mereka menyebut: arba'un
(empat puluh), walaupun ditambahkan satu atau dua, atau dikurangi satu atau
dua." (Syaikh Muhammad bin Shalih Al 'Utsaimin, Syarh Al Arba'in An
Nawawiyah, Hal. 2. Mawqi' Ruh Al Islam) .
Sunday, March 24, 2013
Sejarah Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur
9:03 AM
No comments
Label:
Kota Ledre
Kabupaten Bojonegoro, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur,
Indonesia. Ibukotanya adalah Bojonegoro. Kabupaten ini berbatasan dengan
Kabupaten Tuban di utara, Kabupaten Lamongan di timur, Kabupaten
Nganjuk, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Ngawi di selatan, serta
Kabupaten Blora (Jawa Tengah) di barat. Bagian barat Bojonegoro
(perbatasan dengan Jawa Tengah) merupakan bagian dari Blok Cepu, salah
satu sumber deposit minyak bumi terbesar di Indonesia.
Bojonegoro dari tinjauan:
1. Geografi
Bengawan Solo mengalir dari selatan, menjadi batas alam dari Provinsi Jawa Tengah, kemudian mengalir ke arah timur, di sepanjang wilayah utara Kabupaten Bojonegoro. Bagian utara merupakan Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo yang cukup subur dengan pertanian yang ekstensif. Kawasan pertanian umumnya ditanami padi pada musim penghujan, dan tembakau pada musim kemarau. Bagian selatan adalah pegunungan kapur, bagian dari rangkaian Pegunungan Kendeng. Bagian barat laut (berbatasan dengan Jawa Tengah) adalah bagian dari rangkaian Pegunungan Kapur Utara.
Kota Bojonegoro terletak di jalur Surabaya-Cepu-Semarang. Kota ini juga dilintasi jalur kereta api jalur Surabaya-Semarang-Jakarta. Kecamatan di Bojonegoro : Balen • Baureno • Bojonegoro • Bubulan • Dander • Gondang • Kalitidu • Kanor • Kapas • Kasiman • Kedewan • Kedungadem • Kepohbaru • Malo • Margomulyo • Ngambon • Ngasem • Ngraho • Padangan • Purwosari • Sekar • Sugihwaras • Sukosewu • Sumberejo • Tambakrejo • Temayang • Trucuk.
Kota di Jawa Timur : Batu • Blitar • Kediri • Madiun • Malang • Mojokerto • Pasuruan • Probolinggo • Surabaya. Jawa Timur Ibu kotanya Surabaya. Kabupaten di Jawa Timur : Bangkalan • Banyuwangi • Blitar • Bojonegoro • Bondowoso • Gresik • Jember • Jombang • Kediri • Lamongan • Lumajang • Madiun • Magetan • Malang • Mojokerto • Nganjuk • Ngawi • Pacitan • Pamekasan • Pasuruan • Ponorogo • Probolinggo • Sampang • Sidoarjo • Situbondo • Sumenep • Trenggalek • Tuban • Tulungagung.
2. Pembagian Administratif
Kabupaten Bojonegoro terdiri atas 27 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 419 desa dan 11 kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Bojonegoro.
3. Sejarah
Masa kehidupan sejarah Indonesia kuno ditandai oleh pengaruh kuat kebudayaan Hindu yang datang dari India sejak abad I yang membedakan warna kehidupan sejarah Indonesia jaman Madya dan jaman Baru. Sedangkan Bojonegoro masih dalam wilayah kekuasaan Majapahit, sampai abad XVI ketika runtuhnya kerajaan Majapahit, kekuasaan pindah ke Demak, Jawa Tengah. Bojonegoro menjadi wilayah kerajaan Demak, sehingga sejarah Bojonegoro kuno yang bercorak Hindu dengan fakta yang berupa penemuan-penemuan banyak benda peninggalan sejarah asal jaman kuno di wilayah hukum Kabupaten Bojonegoro mulai terbentuk. Slogan yang tertanam dalam tradisi masyarakat sejak masa Majapahit "sepi ing pamrih, rame ing gawe" tetap dimiliki sampai sekarang. Bojonegoro sebagai wilayah kerajaan Demak mempunyai loyalitas tinggi terhadap raja dan kerajaan. Kemudian sehubungan dengan berkembangnya budaya baru yaitu Islam, pengaruh budaya Hindu terdesak dan terjadilah pergeseran nilai dan tata masyarakat dari nilai lama Hindu ke nilai baru Islam tanpa disertai gejolak. Raden Patah, Senopati Jumbun, Adipati Bintoro, diresmikan sebagai raja I awal abad XVI dan sejak itu Bojonegoro menjadi wilayah kedaulatan Demak. Dalam peralihan kekuasaan yang disertai pergolakan membawa Bojonegoro masuk dalam wilayah kerajaan Pajang dengan raja Raden Jaka Tinggkir Adipati Pajang pada tahun 1568. Pangeran Benawa, putra Sultan Pajang, Adiwijaya merasa tidak mampu untuk melawan Senopati yang telah merebut kekuasaan Pajang 1587. Maka Senopati memboyong semua benda pusaka kraton Pajang ke Mataram, sehingga Bojonegoro kembali bergeser menjadi wilayah kerajaan Mataram. Daerah Mataram yang telah diserahkan Sunan Amangkurat kepada VOC berdasarkan perjanjian, adalah pantai utara Pulau Jawa, sehingga merugikan Mataram. Perjanjian tahun 1677 merupakan kekalahan politik berat bagi Mataram terhadap VOC. Oleh karena itu, status kadipaten pun diubah menjadi kabupaten dengan wedana Bupati Mancanegara Wetan, Mas Toemapel yang juga merangkap sebagai Bupati I yang berkedudukan di Jipang pada tanggal 20 Oktober 1677. Maka tanggal, bulan dan tahun tersebut ditetapkan sebagai HARI JADI KABUPATEN BOJONEGORO. Pada tahun 1725 Susuhunan Pakubuwono II naik tahta. Tahun itu juga Susuhunan memerintahkan agar Raden Tumenggung Haria Mentahun I memindahkan pusat pemerintahan kabupaten Jipang dari Padangan ke Desa Rajekwesi. Lokasi Rajekwesi ± 10 Km di selatan kota Bojonegoro. Sebagai kenangan pada keberhasilan leluhur yang meninggalkan nama harum bagi Bojonegoro, tidak mengherankan kalau nama Rajekwesi tetap dikenang di dalam hati rakyat Bojonegoro sampai sekarang.
4. Daftar Bupati
Daftar BupatiTahun Nama
2008-2013 Drs. H. Suyoto,M.Si.
2003-2008 Kolonel (pur) H M. Santoso
1998-2003 Drs. H. Atlan
1993-1998 Drs. H. Imam Soepardi
1988-1993 Drs. H. Imam Soepardi
1983-1988 Drs. Soedjito
1978-1983 Drs. Soeyono
1973-1978 Kolonel Invantri Alim Sudarsono
1968-1973 Letnan Kolonel Invantri Sandang
1960-1968 R. Tamsi Tedjo Sasmito
1959-1960 R. Soejitno
1955-1959 R. Baruno Djojoadikusumo
1951-1955 Mas Kusno Suroatmodjo
1950-1951 R. Sundaru
1949-1950 R. Tumenggung Sukardi
1947-1949 Mas Surowijono
1945-1947 R. Tumenggung Sudiman Hadiatmodjo
1943-1945 R. Tumenggung Oetomo
1937-1943 R. Tumenggung Achmad Surjodiningrat
1936-1937 R. Dradjat
1916-1936 R. Adipati Aryo Kusumoadinegoro
1890-1916 R. Adipati Aryo Reksokusumo
1888-1890 R. M. Sosrokusumo
1878-1888 R. M. Tumenggung Tirtonoto II
1844-1878 R. Adipati Tirtonoto I
1828-1844 R. Adipati Djojonegoro
1827-1828 R. Tumenggung Sosrodilogo
1825-1827 R. Adipati Djojonegoro
1823-1825 R. Tumenggung Purwonegoro
1821-1823 R. Tumenggung Sosrodiningrat
1816-1821 R. Tumenggung Sumonegoro
1811-1816 R. Prawirosentiko
1800-1811 R. Ronggo Djenggot
1760-1800 R. M. Guntur Wirotedjo
1756-1760 R. Purwodidjojo
1755-1756 R. Ronggo Prawirodirjo I
1743-1755 R. Tumenggung Hario Matahun III
1741-1743 R. Tumenggung Hario Matahun II
1718-1741 Ki Songko (R. Tumenggung Hario Matahun I)
1705-1718 Ki Wirosentiko (R. Tumenggung Surowidjojo)
1677-1705 Pangeran Mas Toemapel
5. Budaya (Tari Tayub Wayang Thengul)
Tari Tayub :
Tayub merupakan tari pergaulan yang populer bagi masyarakat Bojonegoro dan sekitarnya. Tarian ini biasanya dilakukan oleh pria dengan diiringi gamelan dan tembang Jawa yang dilantunkan oleh waranggono yang syairnya sarat dengan petuah dan ajaran.
Pertunjukan tari ini banyak dipergunakan untuk meramaikan kegiatan hajatan yang banyak dilaksanakan oleh warga Bojonegoro ataupun kegiatan kebudayaan yang lain. Biasanya dalam mengadakan kegiatannya, tarian tayub ini sudah terkoordinir dalam suatu kelompok tertentu dengan nama khas masing-masing.
Biasanya kelompok-kelompok tari tayub ini banyak terdapat di Kecamatan Temayang dan Bubulan yang terletak sekitar 30 Km dari Kecamatan Kota Bojonegoro.
Wayang Thengul :
Wayang Thengul adalah kesenian wayang khas Bojonegoro dalam bentuk 3 dimensi dengan diiringi gamelan pelog/slendro. Walaupun wayang thengul ini jarang dipertunjukkan lagi, tetapi keberadaannya tetap dilestarikan di Kabupaten Bojonegoro, khususnya di Kecamatan Kanor yang berjarak ± 40 Km dari Kota Bojonegoro. Sedangkan jalan cerita dari wayang thengul ini lebih banyak mengambil cerita menak.
6. Kerajinan
Kerajinan Mebel Kayu Jati, Produk unggulan ini telah lama dikenal dan berkualitas ekspor, karena Bojonegoro merupakan penghasil kayu jati berkualitas. Corak dan desain telah disesuaikan dengan situasi zaman, baik lemari, buffet, meja, kursi atau tempat tidur.
Adapun daerah-daerah yang terkenal sebagai industri mebel yaitu diantaranya sukorejo dan temayang. apa yang membedakan mebel bojonegoro dengan mebel yang lain, mebel bojonegoro dibuat dari kayu-kayu jati asli dan memiliki umur yang bisa di bilang sudah cukup tua, dengan menggukan kayu yang tua maka hasil mebelnya dan ukirannya akan sangat indah sehingga memberikan corak yang khas.
Kerajinan Bubut – Cukit, Bentuk souvenir kayu jati khas Bojonegoro yang tetap menonjolkan guratan kayu jati. Penggarapannya dilakukan secara teliti dan detail, tapi tetap mempertimbangkan aspek estetika. Khususnya berupa miniatur mobil, sepeda motor, becak, kereta api, jam dinding atau guci, penghias interior.
Kerajinan Limbah Kayu, Kerajinan limbah kayu jati yang dibentuk menjadi karya seni dalam berbagai model sudah merambah pasar ekspor ke berbagai negara.
Kerajinan Batu Onix, Bojonegoro memiliki tambang batu onix yang melimpah sehingga berbagai produk kerajinan onix dapat dihasilkan dengan kualitas sangat memuaskan. Pusat kerajinan batu onix terdapat di Kecamatan Bubulan.
Ledre adalah makanan khas Bojonegoro. Berbentuk gapit (seperti emping gulung) dengan aroma khas pisang raja yang manis. Sangat tepat untuk teman minum teh atau dan sajian tamu atau untuk oleh-oleh.
Perbedaan ledre dengan gapit yaitu ledre lebih halus, lembut dan aroma pisangnya menyengat, sementara gapit agak kasar. selain dari pisang raja ledre juga bisa terbuat dari berbagai pisang misalnya pisang saba, pisang hijau, pisang susu,dll. tetapi yang khas di daerah bojonegoro atau lebih optimalnya dalam membuat ledre yaitu menggunakan pisang raja.
Salak Wedi rasanya manis, masir, renyah, segar dan besar. Dapat dijumpai di setiap pekarangan rumah penduduk di desa Wedi dan sekitarnya. Perbedaan Salak Wedi dengan salak lain, seperti Salak Pondoh, adalah kandungan air yang lebih banyak sehingga membuat Salak Wedi terasa lebih segar. Keberadaan Salak Wedi sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun silam, yang secara turun-temurun telah menjadi sumber pendapatan bagi warga Desa Wedi. Konon asal muasal bibit salak ini pertama kali dibawa oleh seorang Ulama' yang mengajarkan agama Islam di desa Wedi. Dari bibit tersebut terus berkembang hingga tidak hanya desa Wedi tetapi meliputi juga beberapa desa sekitar Wedi, yaitu Kalianyar dan Tanjungharjo.
Blimbing Ngringinrejo, Blimbing dengan berat 2 - 3 ons per buah dapat dijumpai di kebun buah desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro. Rasanya manis, segar dan harum, sangat tepat untuk hidangan penutup, rujak dan lain-lain.
Agro Wisata Tembakau, Bojonegoro sebagai penghasil tembakau virginia terbesar di Indonesia dan telah lama dikenal sebagai tembakau terbaik di dunia. Hijaunya tanaman tembakau hampir di seluruh wilayah Bojonegoro dapat dilihat antara bulan Mei - Oktober.
7. Tempat Wisata
Bojonegoro memiliki banyak tempat wisata meskipun belum terkelola secara maksimal. Akan tetapi hal ini tentu saja bisa menjadi daya tarik tersendiri. Berikut adalah beberapa diantaranya : Kahyangan Api, Merupakan sumber api alam yang menyala sepanjang tahun. dan terletak pada posisi yang sangat strategis yaitu dikelilingi oleh hutan-hutan yang dilindungi dan bebas dari pencemaran polusi. selain sumber api abadi di kahyangan api juga terdapat mata air yang konon dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Anehnya air ini dari jauh berbau buuk tetapi setelah mendekat baunya itu hilang dan dari jauh air ini kelihatang seperti air mendidih tetapi kalau kita sudah mengambilnya maka air tersebut terasa dingin dan sejuk. Konon, menurut suatu cerita rakyat, keampuhan lokasi Kahyangan Api telah dirasakan semenjak pemerintah Maha Prabu Angling Dharma (Sri Aji Dharma) dari Malawapati, yang melatih para prajurit Malawapati di lokasi Kahyangan Api tersebut. Bahkan, ada beberapa pusaka Malawapati yang ditempa di Kahyangan Api, termasuk pusaka "punjer" (andalan) Kerajaan Malawapati dan Kerajaan Bojonegoro di masa Hindu silam. Benar tidaknya cerita tersebut, tidak diketahui secara pasti. Namun, kemungkinan besar, Serat Astra Dharma yang saat ini disimpan di salah satu museum terkenal di Negara Belanda, dapat menjelaskan hal tersebut. Serat yang ditulis pada masa Raja Astra Dharma alias Prabu Kijing Wahana, ayahanda Prabu Angling Dharma, yang legendaris tersebut. Apabila Serat Astra Dharma tersebut kembali ke Nusantara (Indonesia) dapatlah diketahui dengan pasti bagaimana urutan silsilah raja-raja Malawapati dan Kediri yang bersumber dari satu asal yaitu Hastinapura di India.
Waduk Pacal, Waduk pacal yaitu merupakan salah satu tempat wisata yang ada di bojonegoro, wisata ini menyuguhkan lingkungan alam yang sangat mempesona karena di kelilingi oleh bukit-bukit yang sangat indah.
Wana Wisata Dander, keunggulan dari wisata ini yaitu tempat yang sangat luas dan dilengkapi dengan padang golf, wisata ini sangat cocok untuk anak-anak karena selain padang golf, disana juga terdapat berbagai macam permainan anak-anak, seperti taman bermain, kolam untuk mandi bola, kolam renang dan sungai yang sangat jernih dengan keadaan sekelilingnya yang sejuk dan tentu saja bebas dari polusi.
Bahwa perjuangan untuk mewujudkan cita-cita yang luhur tidaklah melalui jalan yang mulus, pasti melalui berbagai kesulitan dan halangan. Sehubungan dengan hal tersebut, Sagimun M.D. dalam bukunya “Pahlawan Diponegoro Berjuang” memprakatai :
“ hanya bangsa yang tahu menghormati dan menghargai jasa-jasa pahlawannyalah yang dapat menjadi suatu bangsa yang besar, demikianlah antara lain kata-kata Bung Karno yang menganjurkan agar supaya kita bangsa Indonesia yang hendak menjadi suatu bangsa yang besar, harus tahu menghormati dan menghargai jasa-jasa pahlawan kita”.
Bojonegoro dari tinjauan:
1. Geografi
Bengawan Solo mengalir dari selatan, menjadi batas alam dari Provinsi Jawa Tengah, kemudian mengalir ke arah timur, di sepanjang wilayah utara Kabupaten Bojonegoro. Bagian utara merupakan Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo yang cukup subur dengan pertanian yang ekstensif. Kawasan pertanian umumnya ditanami padi pada musim penghujan, dan tembakau pada musim kemarau. Bagian selatan adalah pegunungan kapur, bagian dari rangkaian Pegunungan Kendeng. Bagian barat laut (berbatasan dengan Jawa Tengah) adalah bagian dari rangkaian Pegunungan Kapur Utara.
Kota Bojonegoro terletak di jalur Surabaya-Cepu-Semarang. Kota ini juga dilintasi jalur kereta api jalur Surabaya-Semarang-Jakarta. Kecamatan di Bojonegoro : Balen • Baureno • Bojonegoro • Bubulan • Dander • Gondang • Kalitidu • Kanor • Kapas • Kasiman • Kedewan • Kedungadem • Kepohbaru • Malo • Margomulyo • Ngambon • Ngasem • Ngraho • Padangan • Purwosari • Sekar • Sugihwaras • Sukosewu • Sumberejo • Tambakrejo • Temayang • Trucuk.
Kota di Jawa Timur : Batu • Blitar • Kediri • Madiun • Malang • Mojokerto • Pasuruan • Probolinggo • Surabaya. Jawa Timur Ibu kotanya Surabaya. Kabupaten di Jawa Timur : Bangkalan • Banyuwangi • Blitar • Bojonegoro • Bondowoso • Gresik • Jember • Jombang • Kediri • Lamongan • Lumajang • Madiun • Magetan • Malang • Mojokerto • Nganjuk • Ngawi • Pacitan • Pamekasan • Pasuruan • Ponorogo • Probolinggo • Sampang • Sidoarjo • Situbondo • Sumenep • Trenggalek • Tuban • Tulungagung.
2. Pembagian Administratif
Kabupaten Bojonegoro terdiri atas 27 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 419 desa dan 11 kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Bojonegoro.
3. Sejarah
Masa kehidupan sejarah Indonesia kuno ditandai oleh pengaruh kuat kebudayaan Hindu yang datang dari India sejak abad I yang membedakan warna kehidupan sejarah Indonesia jaman Madya dan jaman Baru. Sedangkan Bojonegoro masih dalam wilayah kekuasaan Majapahit, sampai abad XVI ketika runtuhnya kerajaan Majapahit, kekuasaan pindah ke Demak, Jawa Tengah. Bojonegoro menjadi wilayah kerajaan Demak, sehingga sejarah Bojonegoro kuno yang bercorak Hindu dengan fakta yang berupa penemuan-penemuan banyak benda peninggalan sejarah asal jaman kuno di wilayah hukum Kabupaten Bojonegoro mulai terbentuk. Slogan yang tertanam dalam tradisi masyarakat sejak masa Majapahit "sepi ing pamrih, rame ing gawe" tetap dimiliki sampai sekarang. Bojonegoro sebagai wilayah kerajaan Demak mempunyai loyalitas tinggi terhadap raja dan kerajaan. Kemudian sehubungan dengan berkembangnya budaya baru yaitu Islam, pengaruh budaya Hindu terdesak dan terjadilah pergeseran nilai dan tata masyarakat dari nilai lama Hindu ke nilai baru Islam tanpa disertai gejolak. Raden Patah, Senopati Jumbun, Adipati Bintoro, diresmikan sebagai raja I awal abad XVI dan sejak itu Bojonegoro menjadi wilayah kedaulatan Demak. Dalam peralihan kekuasaan yang disertai pergolakan membawa Bojonegoro masuk dalam wilayah kerajaan Pajang dengan raja Raden Jaka Tinggkir Adipati Pajang pada tahun 1568. Pangeran Benawa, putra Sultan Pajang, Adiwijaya merasa tidak mampu untuk melawan Senopati yang telah merebut kekuasaan Pajang 1587. Maka Senopati memboyong semua benda pusaka kraton Pajang ke Mataram, sehingga Bojonegoro kembali bergeser menjadi wilayah kerajaan Mataram. Daerah Mataram yang telah diserahkan Sunan Amangkurat kepada VOC berdasarkan perjanjian, adalah pantai utara Pulau Jawa, sehingga merugikan Mataram. Perjanjian tahun 1677 merupakan kekalahan politik berat bagi Mataram terhadap VOC. Oleh karena itu, status kadipaten pun diubah menjadi kabupaten dengan wedana Bupati Mancanegara Wetan, Mas Toemapel yang juga merangkap sebagai Bupati I yang berkedudukan di Jipang pada tanggal 20 Oktober 1677. Maka tanggal, bulan dan tahun tersebut ditetapkan sebagai HARI JADI KABUPATEN BOJONEGORO. Pada tahun 1725 Susuhunan Pakubuwono II naik tahta. Tahun itu juga Susuhunan memerintahkan agar Raden Tumenggung Haria Mentahun I memindahkan pusat pemerintahan kabupaten Jipang dari Padangan ke Desa Rajekwesi. Lokasi Rajekwesi ± 10 Km di selatan kota Bojonegoro. Sebagai kenangan pada keberhasilan leluhur yang meninggalkan nama harum bagi Bojonegoro, tidak mengherankan kalau nama Rajekwesi tetap dikenang di dalam hati rakyat Bojonegoro sampai sekarang.
4. Daftar Bupati
Daftar BupatiTahun Nama
2008-2013 Drs. H. Suyoto,M.Si.
2003-2008 Kolonel (pur) H M. Santoso
1998-2003 Drs. H. Atlan
1993-1998 Drs. H. Imam Soepardi
1988-1993 Drs. H. Imam Soepardi
1983-1988 Drs. Soedjito
1978-1983 Drs. Soeyono
1973-1978 Kolonel Invantri Alim Sudarsono
1968-1973 Letnan Kolonel Invantri Sandang
1960-1968 R. Tamsi Tedjo Sasmito
1959-1960 R. Soejitno
1955-1959 R. Baruno Djojoadikusumo
1951-1955 Mas Kusno Suroatmodjo
1950-1951 R. Sundaru
1949-1950 R. Tumenggung Sukardi
1947-1949 Mas Surowijono
1945-1947 R. Tumenggung Sudiman Hadiatmodjo
1943-1945 R. Tumenggung Oetomo
1937-1943 R. Tumenggung Achmad Surjodiningrat
1936-1937 R. Dradjat
1916-1936 R. Adipati Aryo Kusumoadinegoro
1890-1916 R. Adipati Aryo Reksokusumo
1888-1890 R. M. Sosrokusumo
1878-1888 R. M. Tumenggung Tirtonoto II
1844-1878 R. Adipati Tirtonoto I
1828-1844 R. Adipati Djojonegoro
1827-1828 R. Tumenggung Sosrodilogo
1825-1827 R. Adipati Djojonegoro
1823-1825 R. Tumenggung Purwonegoro
1821-1823 R. Tumenggung Sosrodiningrat
1816-1821 R. Tumenggung Sumonegoro
1811-1816 R. Prawirosentiko
1800-1811 R. Ronggo Djenggot
1760-1800 R. M. Guntur Wirotedjo
1756-1760 R. Purwodidjojo
1755-1756 R. Ronggo Prawirodirjo I
1743-1755 R. Tumenggung Hario Matahun III
1741-1743 R. Tumenggung Hario Matahun II
1718-1741 Ki Songko (R. Tumenggung Hario Matahun I)
1705-1718 Ki Wirosentiko (R. Tumenggung Surowidjojo)
1677-1705 Pangeran Mas Toemapel
5. Budaya (Tari Tayub Wayang Thengul)
Tari Tayub :
Tayub merupakan tari pergaulan yang populer bagi masyarakat Bojonegoro dan sekitarnya. Tarian ini biasanya dilakukan oleh pria dengan diiringi gamelan dan tembang Jawa yang dilantunkan oleh waranggono yang syairnya sarat dengan petuah dan ajaran.
Pertunjukan tari ini banyak dipergunakan untuk meramaikan kegiatan hajatan yang banyak dilaksanakan oleh warga Bojonegoro ataupun kegiatan kebudayaan yang lain. Biasanya dalam mengadakan kegiatannya, tarian tayub ini sudah terkoordinir dalam suatu kelompok tertentu dengan nama khas masing-masing.
Biasanya kelompok-kelompok tari tayub ini banyak terdapat di Kecamatan Temayang dan Bubulan yang terletak sekitar 30 Km dari Kecamatan Kota Bojonegoro.
Wayang Thengul :
Wayang Thengul adalah kesenian wayang khas Bojonegoro dalam bentuk 3 dimensi dengan diiringi gamelan pelog/slendro. Walaupun wayang thengul ini jarang dipertunjukkan lagi, tetapi keberadaannya tetap dilestarikan di Kabupaten Bojonegoro, khususnya di Kecamatan Kanor yang berjarak ± 40 Km dari Kota Bojonegoro. Sedangkan jalan cerita dari wayang thengul ini lebih banyak mengambil cerita menak.
6. Kerajinan
Kerajinan Mebel Kayu Jati, Produk unggulan ini telah lama dikenal dan berkualitas ekspor, karena Bojonegoro merupakan penghasil kayu jati berkualitas. Corak dan desain telah disesuaikan dengan situasi zaman, baik lemari, buffet, meja, kursi atau tempat tidur.
Adapun daerah-daerah yang terkenal sebagai industri mebel yaitu diantaranya sukorejo dan temayang. apa yang membedakan mebel bojonegoro dengan mebel yang lain, mebel bojonegoro dibuat dari kayu-kayu jati asli dan memiliki umur yang bisa di bilang sudah cukup tua, dengan menggukan kayu yang tua maka hasil mebelnya dan ukirannya akan sangat indah sehingga memberikan corak yang khas.
Kerajinan Bubut – Cukit, Bentuk souvenir kayu jati khas Bojonegoro yang tetap menonjolkan guratan kayu jati. Penggarapannya dilakukan secara teliti dan detail, tapi tetap mempertimbangkan aspek estetika. Khususnya berupa miniatur mobil, sepeda motor, becak, kereta api, jam dinding atau guci, penghias interior.
Kerajinan Limbah Kayu, Kerajinan limbah kayu jati yang dibentuk menjadi karya seni dalam berbagai model sudah merambah pasar ekspor ke berbagai negara.
Kerajinan Batu Onix, Bojonegoro memiliki tambang batu onix yang melimpah sehingga berbagai produk kerajinan onix dapat dihasilkan dengan kualitas sangat memuaskan. Pusat kerajinan batu onix terdapat di Kecamatan Bubulan.
Ledre adalah makanan khas Bojonegoro. Berbentuk gapit (seperti emping gulung) dengan aroma khas pisang raja yang manis. Sangat tepat untuk teman minum teh atau dan sajian tamu atau untuk oleh-oleh.
Perbedaan ledre dengan gapit yaitu ledre lebih halus, lembut dan aroma pisangnya menyengat, sementara gapit agak kasar. selain dari pisang raja ledre juga bisa terbuat dari berbagai pisang misalnya pisang saba, pisang hijau, pisang susu,dll. tetapi yang khas di daerah bojonegoro atau lebih optimalnya dalam membuat ledre yaitu menggunakan pisang raja.
Salak Wedi rasanya manis, masir, renyah, segar dan besar. Dapat dijumpai di setiap pekarangan rumah penduduk di desa Wedi dan sekitarnya. Perbedaan Salak Wedi dengan salak lain, seperti Salak Pondoh, adalah kandungan air yang lebih banyak sehingga membuat Salak Wedi terasa lebih segar. Keberadaan Salak Wedi sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun silam, yang secara turun-temurun telah menjadi sumber pendapatan bagi warga Desa Wedi. Konon asal muasal bibit salak ini pertama kali dibawa oleh seorang Ulama' yang mengajarkan agama Islam di desa Wedi. Dari bibit tersebut terus berkembang hingga tidak hanya desa Wedi tetapi meliputi juga beberapa desa sekitar Wedi, yaitu Kalianyar dan Tanjungharjo.
Blimbing Ngringinrejo, Blimbing dengan berat 2 - 3 ons per buah dapat dijumpai di kebun buah desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro. Rasanya manis, segar dan harum, sangat tepat untuk hidangan penutup, rujak dan lain-lain.
Agro Wisata Tembakau, Bojonegoro sebagai penghasil tembakau virginia terbesar di Indonesia dan telah lama dikenal sebagai tembakau terbaik di dunia. Hijaunya tanaman tembakau hampir di seluruh wilayah Bojonegoro dapat dilihat antara bulan Mei - Oktober.
7. Tempat Wisata
Bojonegoro memiliki banyak tempat wisata meskipun belum terkelola secara maksimal. Akan tetapi hal ini tentu saja bisa menjadi daya tarik tersendiri. Berikut adalah beberapa diantaranya : Kahyangan Api, Merupakan sumber api alam yang menyala sepanjang tahun. dan terletak pada posisi yang sangat strategis yaitu dikelilingi oleh hutan-hutan yang dilindungi dan bebas dari pencemaran polusi. selain sumber api abadi di kahyangan api juga terdapat mata air yang konon dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Anehnya air ini dari jauh berbau buuk tetapi setelah mendekat baunya itu hilang dan dari jauh air ini kelihatang seperti air mendidih tetapi kalau kita sudah mengambilnya maka air tersebut terasa dingin dan sejuk. Konon, menurut suatu cerita rakyat, keampuhan lokasi Kahyangan Api telah dirasakan semenjak pemerintah Maha Prabu Angling Dharma (Sri Aji Dharma) dari Malawapati, yang melatih para prajurit Malawapati di lokasi Kahyangan Api tersebut. Bahkan, ada beberapa pusaka Malawapati yang ditempa di Kahyangan Api, termasuk pusaka "punjer" (andalan) Kerajaan Malawapati dan Kerajaan Bojonegoro di masa Hindu silam. Benar tidaknya cerita tersebut, tidak diketahui secara pasti. Namun, kemungkinan besar, Serat Astra Dharma yang saat ini disimpan di salah satu museum terkenal di Negara Belanda, dapat menjelaskan hal tersebut. Serat yang ditulis pada masa Raja Astra Dharma alias Prabu Kijing Wahana, ayahanda Prabu Angling Dharma, yang legendaris tersebut. Apabila Serat Astra Dharma tersebut kembali ke Nusantara (Indonesia) dapatlah diketahui dengan pasti bagaimana urutan silsilah raja-raja Malawapati dan Kediri yang bersumber dari satu asal yaitu Hastinapura di India.
Waduk Pacal, Waduk pacal yaitu merupakan salah satu tempat wisata yang ada di bojonegoro, wisata ini menyuguhkan lingkungan alam yang sangat mempesona karena di kelilingi oleh bukit-bukit yang sangat indah.
Wana Wisata Dander, keunggulan dari wisata ini yaitu tempat yang sangat luas dan dilengkapi dengan padang golf, wisata ini sangat cocok untuk anak-anak karena selain padang golf, disana juga terdapat berbagai macam permainan anak-anak, seperti taman bermain, kolam untuk mandi bola, kolam renang dan sungai yang sangat jernih dengan keadaan sekelilingnya yang sejuk dan tentu saja bebas dari polusi.
Bahwa perjuangan untuk mewujudkan cita-cita yang luhur tidaklah melalui jalan yang mulus, pasti melalui berbagai kesulitan dan halangan. Sehubungan dengan hal tersebut, Sagimun M.D. dalam bukunya “Pahlawan Diponegoro Berjuang” memprakatai :
“ hanya bangsa yang tahu menghormati dan menghargai jasa-jasa pahlawannyalah yang dapat menjadi suatu bangsa yang besar, demikianlah antara lain kata-kata Bung Karno yang menganjurkan agar supaya kita bangsa Indonesia yang hendak menjadi suatu bangsa yang besar, harus tahu menghormati dan menghargai jasa-jasa pahlawan kita”.
Tuesday, January 1, 2013
Asal mula aksara Jawa
8:38 PM
No comments
Sejarah terciptanya aksara Jawa
Bermula dari Cerita Ajisaka
Pada jaman dahulu, di Pulau Majethi hidup seorang satria tampan
bernama Ajisaka. Selain tampan, Ajisaka juga berilmu tinggi dan sakti
mandraguna. Sang Satria mempunyai dua orang punggawa, Dora dan Sembada namanya.
Kedua punggawa itu sangat setia kepada pemimpinnya, sama sekali tidak pernah
mengabaikan perintahnya. Pada suatu hari, Ajisaka berkeinginan pergi berkelanan
meninggalkan Pulau Majethi. Kepergiannya ditemani oleh punggawanya yang bernama
Dora, sementara Sembada tetap tinggal di Pulau Pulo Majethi, diperintahkan
menjaga pusaka andalannya. Ajisaka berpesan bahwa Sembada tidak boleh
menyerahkan pusaka tersebut kepada siapapun kecuali kepada Ajisaka sendiri.
Sembada menyanggupi akan melaksanakan perintahnya.
Wednesday, December 26, 2012
Soal Akidah Akhlaq kelas X SMA
11:28 PM
No comments
LEMBAGA PENDIDIKAN AS-SHOIMIYAH
SMA PLUS AL AMANAH
Dukuh
Balongsumber Desa Sumbertlaseh Keamatan Dander Kabupaten Bojonegoro
SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL/GASAL
No Urut Test :
Mata
Pelajaran : Akidah Akhlaq
Nama Peserta :
Nama
Guru : Fahru Rozi
Kelas :
X Semester : Ganjil/Gasal
Hari, Tanggal :
Senin, 10 Desember 2012 Tahun
Pelajaran :
2012/2013
1.
Menurut
pendapat Mahmud Syaiful, Aqidah islam merupakan suatu system kepercayaan dalam
aslam, yakni sesuatu yang harus diyakini sebelum apa-apa, dan sebelum melakukan
apa- apa, tanpa ada keraguan sedikit pun dan tanpa ada . . .
a.
Unsur
yang membingungkan orang yang meyakininya
b.
Unsur
yang mengganggu kebersihan keyakinan
c.
Unsur
yang mengacaukan perhatian yang menyakininya
d.
Pehahaman
yang dapat nenimbulkan kakacauan
e.
Kesengajaan
untuk meninggalkan keyakinan yang di yakini
2.
Setiap
manusia harus menyadari karena pada hakikatnya fitrah itu hanya merupakan
potensi dasar milik manusia yang harus dikembangkan dan dipelihara karena firth
uang dimiliki oleh manusia bisa tertutup oleh …
a.
Kegiatan
yang dilkukan manusia dalam kehidupannya
b.
Godaan
yang dihadapi dalam setiap kehidupan manusia
c.
Hal
yang menjadi daya tarik dalam kehidupan manusia
d.
Daya
tarik syahwat yang menggoda perhatian manusia
e.
Corak
kehidupan manusia yang dapat memikat hatinya
3. Dalam
menghadapi kehidupan yang serba glamor dan tidak menentu, seorang mukmin harus
senntiasa mementapkan imanya . salah satu cara yang efektif untuk membangun
kemantapan iman seorang mukmin adalah . . .
a.
Menanamkan
kalimat tauhid la ilaaha illallaah pada dirinya
b.
Menanamkan
konsep ketuhanan secara utuh pada dirinya
c.
Menanamkan
kesadaran untuk selalu hidup berbahagia pada dirinya
d.
Menanamkan
kesungguhan untuk meraih yang di inginkanya
e.
Mangaktifkan
forum pengajian untuk meningkatkan kualitas keimanan
4.
Menurut isyarat Al-Qur’an,keimanan seseorang akan
termanifestasikan dalam bentuk . . .
a.
Sifat
yang tertanam di dalam jiwa yang memandu perbuatan seseorang
b.
Tingkah
laku seseorang untuk menuju tercapainya kesenangan hidup
c.
Sifat
dan tingkah laku seseorang dalam kehidupan sehari-hari
d.
Kebiasaan
seseorang dalam memutuskan perkara yang di hadapinya
e.
Kualitas
seseorang dalam menjalankan tanggung jawab kehidupannya
5.
Iman
yang mantap dan berdaya akan memacu semangat mukmin untuk beribadah
terus-menerus dan untuk….
a.
Mendapatkan
kesenangan hidup
b.
Meraih
kemenangan hidup
c.
Menunjukkan
eksistensi hidup
d.
Keejahteraan
kehidupnnya
e.
Memikul
tanggung jawab kehidupan
6.
Iman
memiliki konsekuensi yang harus di penuhi setiap orang beriman. Konsekuensi
logis pengakuan iman kepada Allah dan rasulnya ialah menerima secara . . .
a.
Wajar
atas segala ketentuaan yang diberikan allah
b.
Penuh
atas segala peraturan yang di berikan allah
c.
Mutlak
atas segala perintah yang diberikan allah
d.
Khusus
ataas segala hukum yang di tetapkan allah
e.
Langsung
atas segala nilai yang diberikan allah
7.
1. Laa haafiza illallaah
2. laa makhluqa
illallaah
3. laa haakima
illallaah
4. laa ‘aabida
illallaah
5. laa maalika
illallaah
kalimat tauhid
laa ilaaha illallaah memiliki pengertian antara lain. . .
a.
1,2
dan 3 c. 1,4 dan 5 e. 1,3 dan 5
b.
b.
1,3, dan 4 d. 1,2 dan 5
8.
Formulasi
dari kalimat tauhid yang paling pendek dan sangat mewakili tauhidullaah adalah
. . .
a.
Laa
ma’buuda illallaah
b.
Laa
ilaaha illallaah
c.
Laa
haula walaa quwwata
d.
Muhammad
rasulullaah
e.
Laa
ghaayata illallaah
9.
Tauhid
membedakan manusia menjadi muslim atau kafir. Karena itu, fungsi tauhid adalah
. . .
a.
menjadi
cahaya terhadap semua amal pebuatan
b.
menjadi
panduan terhadap semua amal perbuatan
c.
menjadi
motivasi untuk mewujudkan tujuan
d.
menjadi
landasan dasar dan inti jaran islam
e.
menjadi
landasan untuk melaksakan perbuatan
10.
Ke
esaan Allah dalam Dzat-Nya allah tidak sama dan tidak dapat dibandingkan dengan
apapun juga, yaitu. .
a.
Zat
Allah sangat unik dan mirip segalanya dengan makhluknya
b.
Zat
allah sangat unik dan berbeda segalanya engan makhluknya
c.
Zat
allah sangat unik dan serupa segalanya dengan makhluknya
d.
Zat
allah sangat unik dan bertolak segalanya dengan makhluknya
e.
Zat
allah sangat unik dan segalanya ssama dengan makhluknya.
11.
Allah
Maha Esa menerima ibadah, berarti hanya Allah yang berhak di sembah dan
menerima ibadah. Karen itu, setiap mukmin meyakini bahwa hanya kepadanyalah
seorang mukmin . . .
a.
Meminta
pahala
b.
Meminta
pertolongan
c.
Mau
melakukan transaksi
d.
Mengharapkan
suatu hal
e.
Memanfaatkan
doa
12.
Setiap
mukmin harus meyakini bahwa tuhan yang
maha easa tiada tara dalam melakukan sesuatu sehingga hanya dia-Lah yang dapat
menciptakan ala semesta ini. hal tersebut sebagai pengakuan tentang . . .
a.
Allah
maha esa dalam sifat dan perbuatanya
b.
Allah
maha esa dalam menetpkan hukumnya
c.
Allah
maha esa dalam menentukan pilihan-Nya
d.
Allah
maha esa dalam perbuatan-perbuatanya
e.
Allah
maha esa dalam ciptaan makhluknya
13.
Ilmu
tauhid adalah ilmu yang mepelajari keesaan tuhan. Berdasarkan Al-Qur’an,
keesaan allah meliputi tiga hal, yaitu. . . .
a.
Zat,
sifat dan perbuatannya
b.
Zat,
sifat dan wajahnya
c.
Zat,sifat
dan hajatnya
d.
Zat,
sifat dan ciptaannya
e.
Zat,
sifat dan kekuasaannya
14.
Apabila
seseorang berbuat syiik dalam rububiyah atau asma dan sifat-nya, maka perbuatan
tersebut di golongkan sebagai . . .
a.
Pendustaan
terhadap hukum allah dan dikategorikan fasiq
b.
Pendustaan
terhadap allah dan dikategorikan kufur
c.
Pendustaan
terhadap sifat allah dan dikategorikan munafiq
d.
Pendustaan
terhadap eksistensi nyadan dikategorikan murtad
e.
Pendustaan
terhadap makhluknya dan di kate gorikan zalim
15.
Barang
siapa yang bersumpah dengan selain allah, maka sesungguhnya dia telah syirik.
Rasulullah SAW. Bersabda “wahai manusia takutlah kamu akan kemusyrikan krena
sesungguhnya kemusyrikan itu adalah . . .
a.
Lebih
jelas dari jejak shmut hitam di siang hari
b.
Lebih
samar dari pada jejak uda jantan di padang pasir
c.
Lebih
terang dari jejak semut hitam di dalam keremengan
d.
Lebih
samar dari jejak semut di malam hari
e.
Lebih
jelas dari dari harimau dihutan belantara
16.
Meyakini
bahwa ada makhluk yang mampu menolk segala kemudaratan dan meraih segala
kemanfaatan termasuk syirik dalam kategori rububiyah, seperti . . .
a.
Minta
bantuan wali untuk menolak petaka atau merauh keuntungan dunia
b.
Minta
bantuan pembantu untuk mengatasi masalah pekerjaan di rumah
c.
Minta
bantuan doctor untuk menyembuhkan penyakit yang di derita
d.
Mita
bantuan psikiaters untuk menyelesaikan masalah yang di hadapi
e.
Minta
bantuan tetangga untuk membersihkan lingkungan sekitar rumah
17.
Syrik
kecil termasuk perbuatan dosa yang di khawatirkan akan menghantarkan pelakunya
kepada syirik besar. Yang di maksud dengan syirik kecil adalah . . .
a.
Semua
perbuatan yang membawa seseorang pada kemusyrikan
b.
Semua
gambaran yang membawa seseorang pada kemusyrikan
c.
Semua
pemikiran yang membawa seseorang pada kemusyrikan
d.
Semua
keyakinan yang membawa seseorang pada kemusyrikan
e.
Semua
pandangan yang membawa seseorang pada kemusyrikan
18.
Akhlak
merupakan sifat yang bertnam dakam jiwa yang dapat menimbulkan perbuatan dengan
gampang dan mudah,tanpa memerukan pikiran dan pertimbangan. Konsep ini
merupakan definisi akhlak menurut. . .
a.
Imam
ghozali
b.
Yusuf
qardhawi
c.
Sidi
gazalba
d.
abdul
karim zaidan
e.
ahmad
amin
19.
Akhlak
tercela biasanya di sebut juga dengan . . .
a.
Akhlak
khasanah
b.
Akhlak
mahmudah
c.
Akhlak
sayy’ah
d.
Akhlak
thayyibah
e.
Akhlak
karimah
20.
Berikut ini yang merupakan bagian dari akhlak
bernegara adalah. . .
a.
Hubungan
antara penjual dan pembeli
b.
Hubungan
antara pemimpin dan rakyat
c.
Hubungan
antara guru dan muridnya
d.
Hubungan
antara orang tua dan anaknya
e.
Hubungan
antara majikan dan pembantu
21.
Syirik
sebagai perbuatan yang dapat menghancurkan iman dan amal perbuatan.seseorang
yang dapat membebaskan dirinya dari perbuatan syirik,dampaknya adalah..
a.
imannya
akan lemah dan memiliki pengaruh buruk dalam kehidupan
b.
imannya
akan turun dan memiliki pengaruh kecil dalam kehiduan
c.
imannya
akan tetap dan memiliki pengaruh besar dalam kehidupan
d.
imannya
akan meragukan dan memiliki pengaruh samar dalam kehidupan
e.
imannya
akan kukuh dan memiliki pengaruh nyata dalam kehidupan
22
Dalam
menghadapi kehidupan yang serba glamor dan tidak menentu,seorang mukmin harus
senantiasa memantapkan imannya.salah satu cara yang efektif untuk membangun
kemantapan iman seorang mukmin adalah..
a.
menanamkan
kalimat tauhid laa ilaaha illallaah pada dirinya
b.
menanamkan
konsep ketuhanan secara utuh pada dirinya
c.
menanmkan
kesadaran untuk selalu hidup bahagia pada dirinya
d.
menanamkan
kesungguhan untuk meraih yang diingginkan
e.
menggaktifkan
forum pengajian untuk meningkatkan kualitas keimanan
23
Tingkat
keyakinan seseorang tergantung kepada tinggkat pemahaman terhadap dalil.Untuk
itu,keyakinan yang tidak di dasarkan pada dalil akan mudah tergoyahkan oleh..
a.
masalah
kehidupan yang dirasa menyengsarakan
b.
situasi
kehidupan yang di alami menyenagkan
c.
cobaan
hidup yang membaa pada kesuksesan
d.
kesenangan
hidup yang melupakan kewajiban
e.
tantangan
dan problema kehiduoan yang di alaminya
24
Setiap
manusia harus menyadari karena pada hakikanya fitrah itu hanya merupakan
potensi dasar milik manusia yang harus di kembangkan dan di pelihara karena
fitrah yang dimiliki manusia bisa tertutupoleh..
a.
kegitan
yang dilakukan manusia daam kehidupannya
b.
godaan
yang di hadapi dalam setiap kehidupan manusia
c.
hal
yang menjadi daya tarik dalam kehidupan manusia
d.
daya
tarik syahwat yang menggoda perhatian manusiaapat
e.
corak
kehidupan manusia yang dapat memikat hatinya
25
1.
syirik ibadah 3.syirik I’tiqadi 5.syirik amali
2. syirik aadah 4.syirik tasarruf
Berdasarkan jenis asalm unculnya
syirik,syirik dapat di kategorikan menjadi 4 jenis,di antaranya adalah…
a. 1,2 dan 3 c. 1,2 dan 5 e. 1,4 dan 5
b. 1,2 dan 4 d. 1,3 dan 4
B. Essay
1.
Sebenarnya
sikap tauhid dapat menciptakan jiwa
manusia dari kekuasaan orang lain.jelskan maksudnya dan berikan contoh
penerapannya,
2.
Konsepsi
tentang ketuhanan yang maha esa dalam akidah islam adalah
3.
Untuk
menjadi muslim sejati , aspek utama dan terpenting yang harus dimiliki
seseorang dalam kehidupannya sehara-hari adalah
4.
Akhak
seseorang sangat berkaitan dengan hati nya,jelaskan hubungan antara hati dan
akhlak yang tercermin dalam diri seseorang
5.
Jika
orang syirik dinobatkan sebagai pemimpin bagi orang-orang beriman apa akibat
yang akan terjadi dalam kehidupan ?
oOo
Selamat Mengerjakan,